Ingin Jadi Freelance Writer Online?




Perubahan dunia Internet tidak cuma punya pengaruh pada akses serta tehnologi, dan juga pada pilihan profesi. Sering sekali tipe karier yang dapat kita buat jadi pilihan, online freelance writer ialah diantaranya. Dengan pemahaman, online freelance writer sebenarnya hampir sama dengan freelance writer biasa, yang memperbedakan hanya media serta batas teritorinya.

Bila freelance writer biasa menulis untuk media konvensional layaknya majalah, koran, buku, dan sebagainya, jadi online freelance writer menulis untuk media daring atau online. Contoh: konten writer, SEO konten writer, blogger, dan sebagainya. Ketidaksamaan yang lain berada di batas teritori. Online freelance writer dapat menulis untuk media apapun, dimanapun, tanpa ada batas negara atau benua.

Ketidaksamaan freelance penulis artikel konvensional versus online freelance writer:
Panjang artikel. Untuk media online umumnya seputar 300-800 kata atau sesuai dengan keperluan medianya.

Agenda keluar. Media online seringkali keluar, umumnya hampir tiap hari.
Jumlah artikel. Dengan keperluan info yang makin cepat, media daring umumnya harus terus-terusan up-date. Itu penyebabnya kenapa online freelance writer harus siap bila diharap menulis satu artikel /hari (terkadang lebih).

Skema pembayaran. Skema pembayarannya juga bertambah cepat bila dibanding dengan pembayaran pada media konvensional.

Pas untuk beberapa pemula. Pada media konvensional, pengalaman umumnya benar-benar diperhitungkan. Pada media daring, beberapa pemula juga dapat jadi freelance writer.
Tentunya, jadi online freelance writer mempunyai beberapa kekurangan:

Honor yang lebih kecil.


Supaya bisa survive, diperlukan potensi untuk menulis cepat. Seharusnya pilih tema tulisan yang kita ketahui dengan benar supaya lebih gampang membuahkan tulisan.
Layaknya umumnya usaha berbasiskan online, pasar serta pembaca bertambah cepat gampang jemu. Itu penyebabnya kenapa harapan pada kualitas tulisan juga makin tinggi.

Bergantung untuk media mana Kamu menulis, jadi online freelance writer tidak seluruhnya dapat jadikan portofolio atau batu loncatan supaya bisa diterima pada media konvensional.

Langkah Jadi Online Freelance Writer


Sama layaknya di bagian lain, menulis untuk media online diperlukan basic skills. So, sebelum putuskan menjadi online freelance writer, berikut banyak hal yang seharusnya Kamu tahu:

1. Tehnik Tulisan Fundamen


Yang disebut dengan siapapun dapat jadi online freelance writer ialah siapapun yang memahami tehnik tulisan. Minimum memahami Ejaan Bahasa Jakarta (EBI) serta langkah membuat kalimat yang mendalam. Mengerti tehnik tulisan fundamen tidak cuma berguna untuk profesi kita setelah itu, dan juga untuk perform media area kita kerja. Makin bermutu content yang kita bikin, jadi mampu makin memperoleh impresi dari pembaca.

Tidak susah pelajari beberapa tehnik fundamen tulisan. Jadi modal, kita dapat beli buku EBI atau mengunduhnya dari Internet. Yang penting ialah latihan.

2. Style Tulisan


Umumnya media online inginkan style tulisan atau style bertutur yang lebih enjoy, tidak demikian resmi supaya pembaca tidak cepat jemu. Tetapi, kita harus juga dapat sesuaikan style bertutur dengan media area kita kerja. Contohnya, menulis untuk situs berita online jelas tidak sama dengan saat menulis untuk media bertopik fesyen.

3. Menulis Singkat serta Padat


Sebab kebutuhannya seputar 300-800 kata (bergantung pada medianya), jadi kita dituntut agar bisa menulis singkat serta padat. Sometimes, ini mempersulit sebab tidak semua inspirasi dapat dituangkan ke dengan jumlahnya kata yang terbatas. Untuk mengakali ini, terus berlatih, pakai beberapa kalimat aktif, serta tidak berbelit-belit.

4. Susunan Tulisan


Melihat di atas kertas tidak sama dengan saat melihat di monitor. Saat melihat di monitor mata kita mampu cepat capek, ditambah lagi bila harus melihat artikel yang benar-benar panjang. That’s why mengetahui susunan tulisan itu penting. Buat tulisan ke dengan bab serta subbab. Bila ada beberapa poin yang perlu diterangkan, pakai numbered atau bulleted daftar.

5. Ketahui SEO


Walau algoritma serta optimisasi SEO umumnya diatasi oleh pemilik situs situs atau team lain, tetapi berharap diingat jika content yang kita catat mampu masih diindeks oleh mesin perayap. Dalam kata lain, content kita mampu mengubah hasil penelusuran sekaligus juga mengubah perform situs situs. Ketahui dasar-dasar SEO, keyword, serta algoritma. Contohnya, content kita mengulas mengenai langkah menempatkan domain di Blogspot. Jadi pilih judul yang sesuai dengan serta tidak multitafsir layaknya “Tutorial: Pointing Domain Punya Sendiri ke Blogspot”.

6. Familiar dengan The Chicago Manual of Model serta Ketentuan Tulisan di Negara Lain


The Chicago Manual of Model ialah dasar langkah tulisan serta editorial untuk tulisan berbahasa Inggris Amerika. Bila kita ingin menulis untuk media berbahasa Inggris atau bahasa lain, seharusnya familiar juga dengan ketentuan tulisan bahasa yang berkaitan.

7. Analisa


Terkadang, kita diharap untuk menulis topik yang tidak kita kuasai. Sebab info yang kita berikan pada pembaca harus berdasar data yang faktual, lakukan untuk lakukan analisa sebelum menulis.

8. Pengalaman serta Pendidikan


Beberapa media memang tidak memberikan ketentuan pendidikan serta pengalaman. Tetapi, bila kita mempunyai pendidikan atau pengalaman yang berkaitan, itu mampu jadi point penambahan. Tetapi, jangan dahulu berkecil hati, bermodalkan pengalaman umumnya lumayan untuk memperoleh pekerjaan jadi online freelance writer. Umumnya media mengulas sering sekali tema hingga tidak diperlukan pendidikan yang detil, yang diperlukan malah beberapa pakar yang memiliki pengalaman.

9. Honor


Honor freelance writer beragam, bergantung pada tipe pekerjaan, jumlah artikel (jumlahnya kata atau panjang halaman), media, tingkat kesusahan, serta faktor-faktor yang lain. Ada yang dibayar per artikel, per projek, atau yang harga jasa penulis artikel online reguler per bulan.

Sebab sistemnya jarak jauh, yakinkan Kamu mempunyai rekening bank. Atau bila Kamu menulis untuk media luar negeri, yakinkan mempunyai account yang mempermudah pemberi kerja mentransfer honor Kamu. Disamping itu, ada banyak media yang membayarkan honor tanpa ada dikurangi pajak hingga Kamu mesti untuk bayar serta memberikan laporan pajak sendiri.

10. Tentukan Biaya


Seringkali muncul pembicaraan di golongan beberapa online freelance writer mengenai bagaimanakah cara tentukan biaya. Bila Kamu pemula yang belum dapat tentukan biaya, langkah sangat baik ialah sesuaikan dengan bujet yang disiapkan perusahaan. Atau Kamu dapat bertanya-tanya pada beberapa penulis yang telah lama menekuni di bagian ini.

Online Freelance Writer 1, 2, 3

Sehari-harinya seorang freelance writer tidak tipikial, keduanya bermacam-macam. Tetapi, buat Kamu yang barusan mengawali, berikut deskripsi sehari-harinya freelance writer:

Penulis 1 – Penulis 1 ialah seorang ibu tempat tinggal tangga yang ingin memperoleh pendapatan tak perlu kerja di luar tempat tinggal. Dia menulis untuk satu portal dengan honor 3 jt rupiah per bulan.
Penulis 2 – Penulis 2 kerja 8 jam satu hari, terkadang lebih. Dia diwajibkan menulis seputar 10 artikel /hari dengan honor 25 ribu/artikel. Tiap bulannya dia dapat membuahkan seputar 6 jt rupiah.
Penulis 3 – Penulis 3 ingin jadi full-time writer tetapi belum dapat tinggalkan kerjanya yang saat ini. Dia menulis content serta mengirimkannya ke sejumlah media online. Tiap bulannya penulis 3 mendapatkan pendapatan sebesar 750 ribu rupiah.
Penulis 4 – Penulis 4 habiskan hampir semua waktunya jadi copywriter untuk situs usaha online dengan pendapatan demikian.
Penulis lima – Penulis lima menulis content untuk beberapa media sekaligus juga. Sama layaknya penulis 2, pendapatannya bergantung pada sekitar apa artikel yang dapat dia hasilkan.
Di dasarnya, kita dapat sesuaikan dengan keperluan serta potensi. Pabrikasi content memang sering memperoleh predikat jelek, tetapi bagus untuk latihan sekaligus juga memperoleh pendapatan yang cukup. Yang mesti kita jauhi ialah janganlah sampai tidak berhasil penuhi keinginan artikel sehari-harinya. Karena website, majalah online, perusahaan banyak, serta media online yang lain sewa layanan konten writer supaya situs mereka masih up-date dengan artikel-artikel yang fresh serta informatif.

Tipe Artikel serta Langkah Membuat Contoh Artikel


Mungkin kita dapat menulis mengenai beberapa tema, tetapi kita tidak mampu dapat menulis SEMUA tema. Sebelum meng-hire, umumnya media online ingin pastikan jika tidak hanya mempunyai basic skills, kita kapabel serta mempunyai pengetahuan yang lumayan mengenai tema yang mampu kita catat. Contoh, kita ialah perusahaan layanan cloud situs hosting, penulis yang mampu kita hire pasti yang sedikit sering familiar dengan tema ini.

Sebelum mengawali, seharusnya kita menginventarisasi atau membuat daftar pendidikan, pengalaman, ketrampilan, hoby, serta beberapa topik yang menurut kita mempesona jadi bahan tulisan.

Readmore : Informasi Jasa Penulis Artikel Bahasa Inggris Yang Berkualitas

Umumnya media online mampu memohon contoh artikel, khususnya bila kita belum mempunyai pengalaman. Terkadang, kita mampu dikasih tema khusus serta diharap untuk menuliskan, ada juga yang menyerahkan seluruhnya di kita. Pendapat kita, bikinlah contoh artikel untuk tiap tema khusus.

Pendapat kita, bikinlah satu template bio yang general, lantas ganti serta cocokkan dengan pekerjaan yang mampu kita lamar. Berikut beberapa point untuk bikin bio:

  • Ketika dengan nama, gelar, serta ketrampilan.
  • Katakan cuma kemampuan yang berkaitan dengan media area kita melamar atau kerja. Contohnya, saat melamar ke Dewaweb, tidak mesti mengatakan ketrampilan di bagian parenting sebab tidak berkaitan.
  • Masukan alamat situs situs serta account sosial media kita.
  • Portofolio Online


Tidak hanya bio serta CV konvensional, kita dapat juga membuat portofolio online. Belilah hosting serta domain untuk personal, mengatur template semenarik kemungkinan, isikan dengan data-data pribadi yang dibutuhkan, sertai dengan contoh artikel atau artikel yang pernah kita bikin awalnya. Tautkan URL di tubuh e-mail saat melamar pekerjaan.

Mengoptimalkan Media Sosial


Belakangan ini, media seringkali memohon beberapa penulisnya untuk bagikan ke artikel ke beberapa sosial media pribadi. Sebab makin hari peranan sosial media ini makin penting, kita merekomendasikan supaya Kamu ketika memaksimalkannya.

Google+ – Bila kita lakukan penelusuran, artikel yang kita bagi di Google+ mampu tampil di hasil penelusuran. Bermakna tidak hanya menarik pembaca, artikel kita mampu terindeks oleh mesin perayap.
Facebook & Twitter – Sebab posting dari Twitter dapat automatis diberikan ke Facebook, jadi kita cuma mesti bagikan 1x di Twitter.
LinkedIn – Bagikan artikel ke LinkedIn bagus untuk portofolio sekaligus juga menarik pembaca dari golongan profesional.
Pinterest – Bila kita membuat artikel yang dibarengi photo, juga bisa diberikan ke Pinterest.
Beberapa Hal yang Harus Disiapkan

Bikinlah daftar pendidikan serta ketrampilan yang kita punya selanjutnya buat daftar tema tulisan yang kita kuasai.
Dari daftar tema, bikinlah beberapa inspirasi tulisan.
Bikinlah daftar pemuatan bila ada.
Dari demikian sering tema, pilih lima yang sangat kita kuasai, catat 3 judul tulisan untuk semasing tema.
Tulislah contoh artikel dari semasing tema. Contoh artikel berikut yang mampu kita pakai untuk melamar pekerjaan.

Catat bio.

Awalilah kerja serta janganlah lupa untuk terus mengoptimalkan sosial media yang kita memiliki.
Demikian bahasan mengenai langkah jadi online freelance writer, berharap berguna. Bila Kamu mempunyai pertanyaan, tolong jangan segan-segan menuliskan di kotak kometar. Terima kasih.

Komentar